Rony Zone : Objek Wisata di Kabupaten Merangin. Jambi

 1. Gunung Masurai

Gunung Masurai Terletak di Kecamatan Jangkat dengan jarak tempuh sekitar ± 96 km dari Kota Bangko. Dengan ketinggian 2.720 m dpl, gunung ini memiliki udara yang amat sejuk. Bagi wisatawan yang menyukai tantangan alam, objek wisata Gunung Masurai menawarkan keindahan alam sekaligus sebagai tempat olah raga mendaki gunung. Pada puncak Gunung Masurai terdapat dua danau kecil yaitu Danau Kumbang dan Danau Mabok yang menawan serta dikejauhan terlihat Gunung Sumbing, Gunung Kerinci serta perkebunan dan perkampungan rakyat sebagai penghibur dan pelepas lelah bagi para petualang. Sejauh mata memandang tampak seperti lukisan yang memiliki keindahan tak ternilai. Untuk memulai pendakian dapat dimulai dari Dusun Sungai Lalang yang berada dikaki gunung yang merupakan perbatasan Kecamatan Muara Siau dengan Jangkat. Selain pendakian juga dapat dilakukan panjat tebing.

2. Danau Pauh

Danau Pauh adalah danau vulkanik yang terbentuk akibat kegiatan gunung berapi. Terdapat di Kecamatan Jangkat ± 96 km dari Bangko dan dapat dicapai dengan kendaraan roda empat. Luas Danau Pauh ± 30 Ha serta disekitarnya terdapat kawasan hutan dengan beraneka ragam flora dan fauna yang termasuk dalam Taman Nasonal Kerinci Seblat (TNKS). Danau dengan luas 30 hektar ini memiliki kedalaman 20 meter dengan ketinggian 1.200 m dpl. Danau ini airnya tenang dan tidak berombak. Dilihat dari kejauhan airnya kelihatan berwarna biru bak air laut. Kondisi alam yang memikat ditunjang latar belakang Gunung Masurai dan juga udara yang sejuk, menjadikan sajian lengkap bagi wisatawan. Disekitar danau terdapat rumah penduduk dengan perkebunan kopi, kayu manis, kentang, cabe dan sayuran.

3. Danau Depati Empat

Danau Depati Empat Terletak di Desa Rantau Kermas Kecamatan Jangkat berjarak sekitar ± 110 dari kota Bangko. Danau ini dapat dicapai melalui jalan setapak sekitar 7 km. Danau seluas 271 hektar dengan ketinggian 1.200 m dpl ini dikelilingi hutan primer Taman Nasional Kerinci Seblat dan perkebunan kopi dan kayu manis. Air danau bening dengan dasar berpasir putih yang sangat menarik, indah dan asri.



4. Danau Tamalam

Objek Wisata Danau Tamalam Merupakan danau irigasi yang Berjarak sekitar 1 km dari prasasti batu bertulis di desa Karang Berahi melalui jalan Lintas Sumatra Km. 23 dari Bangko arah pemenang, belok kekiri menempuh jalan beraspal 1,5 km tiba di jembatan gantung 125 m menyeberangi Sungai Merangin. Diseberang sungai terdapat Batu Bersurat menuju Danau Tamalam melalui jalan setapak beton dan saluran irigasi yang disebelah kanannya terhampar sawah yang luas. Tiba diwaduk pengendali (Km. 25,5 Bangko) kearah hulu 250 m lagi terdapat waduk utama. Dam ini memiliki panorama yang indah. Panjang danau 1.500 m, lebar 500 m dengan kedalaman 8 m. Terdapat beraneka ikan seperti kalui, belida, lambak, nila dan mas serta jenis ikan kecil lainnya. Tempat ini cocok bagi anda yang hobi memancing.dan juga buat liburan di akhir pekan

5. Objek Wisata Teluk Wang

Objek Wisata Teluk Wang adalah nama lubuk tempat air terjun jeram Sungai Batang Merangin yang terletak diantara Desa Biuku Tanjung-Desa Air Batu dipinggir Sungai Batang Merangin. Jalan masuk kearah kiri pada Km 15 jalan ke Kerinci menempuh jalan 1,5 km ke pinggir sungai Merangin yang telah difasilitasi dengan jalan setapak, tangga beton,
Konon dahulunya Teluk Wang adalah kampong atau dusun raja-raja orang sakti nenek moyangnya masyarakat Pulau Rengas dan Bukit Tanjung sehingga tempat ini dijuluki Kampung nan Hilang. Selain air terjun juga terdapat tempat istirahat pencari ikan.
Pemandangan batu alam dan jeram arus sungai Merangin serta hempasan airnya di bebatuan yang besar dengan kedalaman lebih kurang 30 meter merupakan daya tarik tersendiri. Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan atau kemping di area yang cukup luas ini.

6. Objek Wisata Goa Tiangko

Objek Wisata Goa Tiangko berada Di kecamatan Sungai manau. Anda bisa masuk ke semua goa dengan membawa pemandu yang juga penjaga goa. Untuk masuk kedalam kita harus membawa lampu atau setidaknya senter karena didalam goa tidak ada sinar yang masuk. Goa Tiangko terdapat di Desa Tiangko yang memiliki luas 206 m2 serta lebar mulut depan 4 m dan bagian belakang mencapai 11,5 m. lantai goa terdiri dari pasir putih berbatu-batu dengan langit-langit dihiasi sarang burung walet dan kelelawar yang bergantungan. Selain itu keindahan dalam goa ini adalah hiasannya yang terdiri dari susunan batu kapiler yang berbentuk stalaktit dan stalakmit dengan hiasan ornamen alam yang mengagumkan. Dinding goa terasa sejuk, nyaman dengan aroma khas karena bebas dari polusi. Bagi yang ingin rekreasi dan masuk goa harus siap mental karena akan mendaki Bukit Batu Bulan dalam hutan sejauh satu jam perjalanan. Disebelah barat goa Tiangko yang sudah dikenal luas, terdapat gugusan goa yang lebih besar yaitu goa Sengayau yang terbentuk dari susunan batu kapur yang mempunyai stalagmite dan stalagtit dengan ornamen alam yang mengagumkan. 

7. Semburan Air Panas

Semburan air panas dari perut bumi / Grao,,ini mengeluarkan asap belerang/gas yang disemburkan oleh Grao Matahari, Grao Solar, Grao Ngauk dan Grao Kunyit. Keunikan dari grao ini adalah apabila dibacakan mantra oleh pawang yang mengerti grao dari desa setempat maka aitnya bisa menyembur setinggi 14 meter. Kalau tidak dibacakan mantra air semburannya biasa saja, tidak tinggi.
Grao ini terletak di antara Desa Tanjung Kasri dan Desa Renah Kemumu 150 km dari Bangko. Disarankan menggunakan ojek yang sudah terbiasa dengan lokasi karena untuk mencapai lokasi harus melewati bukit dan jurang melalui jalan setapak.
Air grao ini jernih dan panas dan disekeliling grao dihiasi hutan Taman Nasional Kerinci Seblat. Anda bisa mandi dengan air panas sedang untuk mengobati penyakit kulit dan rematik. 




 Sumber : http://www.wisatanesia.com


2 komentar:

benar2 tempat wisata yang sangat menawan gan..
pengen pergi berwisata ke Kabupaten Merangin. Jambi ni gan...penasaran lihat keindahan disana,..

Posting Komentar