Rony Zone >> Kumpulan Foto Pulau Berhala, Jambi

Dapat Upload Foto dari temen yang pulang mancing di Pulau Berhala......keren abis
nggak dapat ke sana, lihat fotonya saja...lumayan lah, thanks bro tohir, udah berbagi






















sekilas tentang Pulau Berhala :
Keindahan pulau berhala dengan batu-batu besarnya sepanjang pantai serta batu karang, menjadikan pulau berhala ini sangat cocok untuk digunakan sebagai objek wisata bahari. Dengan hanya menempuh jarak dalam waktu 0.5 jam dari kota Nipah Panjang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, 1 jam dari desa sungai itik kecamatan sadu, dan 2-3 jam dari suak Kandis -  Nipah Panjang dengan menggunakan Spead Boat tentunya. Apalagi jika didukung dengan cuaca yang baik dan gelombang yang tidak tinggi. Kita asyik dibuai oleh alunan gelombang lembut Ujung Jabung Negri Lamo.
Disini pengunjung tak perlu khawatir dengan penginapan. Tentunya telah disediakan cottage-cottage dengan kekhasan bangunan jambinya. Pengunjung dapat beristirahat dengan nyaman setelah seharian bermain di pulau yang pantainya putih bersih seperti garam ini. Airnya yang jernih menambah keindahan pantai ini apalagi seiirng dengan bunyi desiran ombak di senja hari yang terkadang dapat terlihat beberapa tipe ekosistem laut menjanjikan bagi para pengunjungnya.
Pulau ini dapat dikembangkan menjadi lokasi wisata bahari, pemancingan, menyelam, berselancar, dan rekreasi laut lainya. Pulau yang kaya akan hutan akar bahar ini menyimpan berbagai jenis terumbu karang (Intertidal Coral Reef dan Karang Tengah) dalam radius  200 M dari bibir pantai yang tidak kurang dari 22 spesies dan jenis ikan karang dapat terlihat dari 11 spesies, bila anda menyelam kesana.
Sebuah mercusuar berdiri kokoh sebagai petunjuk bagi kapal yang melayani selat berhala karena pulau berhala ini di kelilingi oleh gugusan pulau-pulau kecil yang mempunyai asset yang berkembang untuk jambi.
Seperti pada bagian timurnya, mempunyai tebing-tebing batu karang yang cukup curam yang dapat dijadikan objek foto yang indah. Disini juga terdapat makam Datuk Paduko Berhalo, seorang pengembara Islam turunan Turki orang tua dari Rang Kayo Hitam (Raja Jambi). Lihatlah betapa indahnya pantai kita ini Orang Jambi punya. Mengapa kita tidak berkunjung kesana untuk mengikat tali pertalian emosional sosial budaya dan daerah keturunan untuk ikut membantu membangun jambi secara terarah dan berkesinambungan ? mari kita tunjukkan rasa cinta kasih kita terhadap leluhur kita, nenek moyang kita orang jambi dulu.
Apalagi tampak di pulau nan eksotis ini Makam Datuk paduko Berhalo kita yang dapat terlihat dari dermaga ketika kita telah mendarat disana. Tentu penat yang menyerang  akan terobati dengan kekaguman kita akan itu semua.

sumber tulisan :  http://jambitourism.co.id/jambi-tourism-pulau-berhala/
Foto by M. Tohir


0 komentar:

Poskan Komentar

Loading...